Sejarah Kaos Kaki di Dunia Dan Perkembangannya

Pabrikkaoskaki.com – Setiap orang pasti memiliki kaos kaki lebih dari satu betul atau tidak ??, baik untuk keperluan kerja, sekolah, ataupun aktifitas lain yang memerlukan koaskaki.

Tau gak sih, kalau kaos kaki sudah dikenal oleh orang Yunani sejak abad ke 8 sebelum masehi (SM) dimana orang Yunani kuno pada masa itu mulai menggunkan kaoskaki dengan bahan dari berbagai bulu binatang. Sedangkan bangsa Roma mulai memakai kulit binatang dan kain katun sebagai bahan untuk membuat kaos kaki yang cukup sederhana dengan sistem rajut menggunakan tangan.

Sejarah Kaos Kaki di Dunia Dan Perkembangannya

Sejarah Koas Kaki Di Dunia & Perkembangannya

Sejarah kaos kaki sendiri pada mulanya menggunakan bahan yang sangat sederhana yang terbuat dari kulit binatang dan model yang masih kaku yang jauh berbeda dengan kaoskaki jaman sekarang. Dimana orang Yunani dan Roma hanya menggunakan seutas tali untuk mengikatnya pada pergelangan kaki, itulah awal mulanya tercipta kaus kaki. Sedangkan kata Kaos Kaki sendiri cukup unik dimana dibeberapa negara penyebutan dan istilah kaos kaki sedikit berbeda. Dalam Bahasa inggris dikenal dengan kata “Sock”, orang Yunani dan Roma menyebut kaos kaki dengan sebutan “Soccus”, Bangsa Ingris Tengah menyebutnya dengan istilah “Socke” – dimana kata soccus itu sendiri berasa dari Bahasa Latin atau Yunani Kuno yang memiliki arti Sepatu Fragia. Sedangkan di Indonesia sendiri orang jaman dulu menyebutkan dengan kata kaus kaki dan berubah seiring perkembangan kata sekarang lebih familiar bangsa Indonesia lebih sering mengatakan kaos kaki disbanding kaus kaki.

Perkembangan sejarah KAOSKAKI modern dimalai pada pertengahan tahun 1589, dimana seorang asal inggris yang bernama William Lee (seorang pendeta), beliau berhasil menciptakan mesin rajut pertama pada tahun itu. Ia terus mengembangkan mesin rajut untuk memproduksi kaos kaki agar lebih modern dan dapat diterima oleh bangsa lain. Alhasil berkat kerja kerasnya itu mesin rajut terserbut bisa diterima dan dipakai hamper di seluruh Benua Eropa.

Koas kaki sendiri mengalami perkembangan dari abad ke 8 SM sampai sekarang dengan banyaknya bermunculan beragam model koaskaki, jenis, motif, corak dan warna kaos kaki. Bahan yang Pabrik Kaos Kaki pakai pun kini lebih bervariasi mulai dari kapas, benang wol, benang nylon, benang karet, bahan akrilik, polyster, olefin, sampai spandek. Sedangkan bahan kaos kaki yang sering digunakan oleh Pabrik kaos kaki besar jaman sekarang lebih banyak menggunakan bahan dari Benang Karet, Benang Spandek (bahan benang yang membuat kaoskaki jadi lebih elastis mengikuti bentuk kaki), dan Benang Nylon atau katun.

Seiring dengan perkembangnya kaos kaki sendiri sekarang tidak hanya memiliki fungsi untuk melindungi kaki dari udara yang dingin, akan tetapi lebih banyak digunakan untuk kebutuhan formal, kegiatan sehari-hari, bahkan dijadikan sebagai aksesoris untuk bergaya dalam penampilan kaum milenial agar terlihat lebih stylish dan fashionable dalam bergaul.

Jenis – Jenis Koaskaki Jaman Dulu Yang Masih Eksis sampai Sekarang

Apabila kita membaca awal mula sejarah kaos kaki di dunia dan perkembangannya yang cukup menarik seperti yang Pabrikkaoskaki.com paparkan diatas. Seiring dengan berjalannya waktu sampai saat ini Jenis dan Model kaos kaki pun banyak bermunculan disesuaikan dengan kebutuhan pengguna itu sendiri seperti kaos kaki formal, kaos kaki olahraga, kaos kaki anak, kaoskaki logo sekolah, kaos kaki Muslim dan Muslimah, kaos kaki printing sampai kaos kaki custom desain sendiri yang bisa kami pesan langsung ke pabrik kaos kaki.

1. Koas kaki Mata Kaki (Ankle Sock)

Ankle sock adalah jenis kaos kaki sebatas mata kaki, menggunakan bahan manset elastis pada bagian atas kaos kaki. Kaos Kaki Mata Kaki diperkenalkan pertama kali kepada kaum wanita sekitar tahun 1920. Yang mana pada mulanya digunakan oleh para atlis tennis yang bernama Fearnley-whittingstall pada awal tahun 1931. Sedangkan anak-anak ataupun kaum pria pada masa itu masih jarang sekali menggunakan kaos kaki mata kaki atau ankle sock.

2. Koas kaki Renda (Bobby Sock)

Kaos kaki Renda atau Bobby Sock pertama kali muncul pada tahun 1927. Boby sock tersebut dihiasi dengan lapihan renda dan bahan menarik lainnya, dimana pada bagian atas kaos kakinya di desain supaya bisa melipat kebawah untuk menonjolkan seni bahan dekorasi rendanya. Jaman dulu Koas kaki Renda (Bobby Sock) dominan memiliki warna putih, namun seiring perkembangan jaman kaos kaki renda ini tidak selalu menggunakan warna putih bahkan divariasikan dengan warna-warna yang lebih mencolok dan terlihat lebih berwarna.

3. Koas Kaki Golf (Argyle Sock)

Argyle Sock sendiri mulai dikembangkan pada tahun 1920 untuk kegiatan olahraga golf yang terus dikembangkan sampai sekarang dan masuk kedalam kategori fashion. Pola Argyle Sock berasal dari kota Argyll Skotlandia Barat dengan istilah pola Tartan Clan Campbell, dimana polah arglyle sock biasanya berbentuk menyeruoai diamond dan belah ketupat (seperti cetakan sarung) kalau di Indonesia.

4. Kaos Kaki Atlet (Athletic Sock)

Athletic sock ialah kaos kaki yang dipakai oleh para atlet professional untuk kegiatan olahraga yang terbuat dari bahan spandek dan nylon. Kaos Kaki Atlet (Athletic Sock) sendiri biasanya lebih banyak digunakan pada cabang olahraga sepak bola, basket, volly pada masa itu.

Kaos Kaki Atlet (Athletic Sock) untuk sepak bola: Kaos kaki ini biasanya memiliki ukuran yang lebih panjang sampai lutut bahkan melebihi lutut dan mempunyai lipatan pada bagian lutut yang berfungsi untuk melindungi kaki apabila terjadi kecelakaan (terjatuh, benturan, atau gesekan) saat bermain sepak bola. Kaos kaki Sepak Bolah umumnya terbuat dari bahan spandek dan nilon yg bertekstur lembut dan lebih elastis mengiktu bentuk kaki pemain sepak bola.

Kaos Kaki Atlet (Athletic Sock) untuk volly: Kaos kaki yang digunakan pada cabang olahraga bola volly ini umumnya lebih pendek dibandingkan dengan kaos kaki olahraga untuk sepak bola, oleh karena iitu diperlukan pergerakan yang lebih luas untuk melompat (melakukan smash), walaupun lebih pendek namun atlet bola volly biasanya menggunakan kaos kaki volley ini untuk melindungi kaki mereka sedangkan bahan kaoskakinya sendiiri menggunakan bahan yang relatif sama.

Hampir sama untuk kegiatan olahraga lainnya, Kaos Kaki Atlet (Athletic Sock) atau Kaos kaki Olahraga ini biasanya terbuat dari bahan yang lembut, elastis, dan mampu menyerap keringat.

5. Kaos Kaki Hangat (Bed Sock)

Jenis Koas Kaki hangat ini terbuat dari bahan wol yang dirajut dengan fungsi utamanya untuk menjaga kaki kamu supaya tetap hangat. Bed sock sering juga disebut dengan nama Foot Warmet atau kaki hangat yang cocok untuk kamu yang susah tidur karena kaki yang dingin dimusim salju. Namun perlu diperhatikan bahwa Kaos Kaki hangat ini tidak bisa disandingkan dengan jenis sepatu apapun.

6. Crew Sock

Crew sock adalah jenis kaos kaki dengan ukuran panjang sampai betis dan sedikit lebih rendah dari betis umumnya berbahan tebal. Sedangkan pada bagian tulang kaki biasanya ada jahitan lurus sebagai ciri khas dari crew sock itu sendiri.

7. Knee Hi Sock

Knee hi sock ialah jenis kaos kaki yang panjangnya dibawah lutut kaos kaki model ini sangat pas dipakai kalau kamu memakai rok mini. Kaos kaki Knee Hi ini sempet terkenal dikalangan anak sekolah sekitar tahun 2000an

8. Ped’s Sock

Ped’s sock merupakan model kaos kaki yang banyak diproduksi berbagai merek kaos kaki dengan bahan serat didalamnya. Pada umumnya kaos kaki ini berbentuk seperti sepatu dengan panjang dibawah mata kaki. Pas banget buat yang pengen kakinya nyaman tetapi tidak ingin kelihatan kalo lagi pake kaos kaki.

9. Quarter Sock

Quarter sock merupakan jenis kaos kaki dengan panjang ¼ dari bagian kaki, biasanya terbuat dari bahan akrilik dan orlon nylon berwarna dengan kain handuk. Banyak kalangan anak sekolahan yang suka menggunakan kaos kaki jenis ini.

10. Socklet Sock

Model kaoskaki Socklet Sock ini lebih dominan digunakan oleh para kaum hawa agar lebih terlihat modis dan fashionable, karena memiliki ukuran yang sangat pendek yang ditata di dalam sepatu dengan bahan yang ringan hampir sama dengan bahan stoking renda. Sedangkan dalam penggunaanya sendiri kaos kaki ini terkadang tidak terlihat jelas seperti kaos kaki bahkan orang lain bisa menggapnya sebagai hiasan dari sepatu itu sendiri

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *